breaking news New

Tips Mengatasi Bau Mulut

Ilustrasi seseorang mengalami masalah bau mulut. Ilustrasi seseorang mengalami masalah bau mulut.

Siapa diantara kalian yang sering mengalami permasalah mulut yang satu ini? Ya, hampir semua orang mengalaminya dan membuat kita selalu tidak percaya diri dalam bertemu seseorang atau berbicara kepada orang banyak seperti meeting di kantor. Bau mulut atau istilah kesehatannya halitosis  biasanya terjadi karena kebersihan mulut yang kurang terjaga, konsumsi makanan tertentu, atau bahkan kondisi kesehatan tertentu. 

Bau mulut disebabkan oleh bakteri di dalam mulut yang menghasilkan senyawa kimia berbau. Pertumbuhan bakteri di dalam mulut ini bisa muncul akibat masalah pada gigi dan mulut, seperti:

  • Plak gigi
  • Mulut kering
  • Lidah yang kotor
  • Sisa makanan yang menumpuk di sela-sela gigi
  • Sisa akar gigi yang tertinggal
  • Peradangan atau infeksi pada rongga mulut
  • Gigi palsu yang tidak terjaga kebersihannya
  • Makan bawang atau pete, makanan pedas, makanan manis, minuman beralkohol, atau minuman berkafein
  • Merokok
  • Menderita diabetes, penyakit lambung, sinusitis, radang amandel, atau gagal ginjal

Maka dari itu kebersihan gigi dan mulut haruslah terjaga agar tidak ada bakteri yang menumpuk yang menyebabkan bau mulut yang mengganggu. Berikut adalah tips mengatasi bau mulut yang bisa kamu lakukan di rumah dan telah dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Menyikat gigi secara rutin

Cara mengatasi bau mulut yang paling mudah adalah dengan rutin menyikat gigi dua kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Jangan lupa untuk menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang halus dan pasta gigi yang mengandung fluoride.

2.  Membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi

Setelah makan, terkadang ada sisa makanan yang tertinggal di sela gigi dan sulit untuk dibersihkan hanya dengan menyikat gigi. Hal ini dapat diatasi dengan benang gigi atau dental floss. Membersihkan sela-sela gigi tidak hanya dilakukan saat ada makanan yang terselip, tetapi perlu dilakukan secara rutin setelah menyikat gigi. Cara ini mampu mengatasi bau mulut secara signifikan.

3. Membersihkan lidah

Tidak hanya gigi, lidah juga perlu dibersihkan secara rutin. Bersihkan lidah dengan sikat khusus lidah atau tongue scraper. Apabila Anda ingin menggunakan sikat gigi, pilihlah sikat berbulu halus. Lakukan pembersihan lidah dengan lembut dan tidak perlu menekan terlalu keras karena dapat menyebabkan lidah terluka.

4. Berkumur dengan obat kumur

Obat kumur juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi bau mulut yang efektif. Obat kumur dapat mencegah terbentuknya plak gigi yang bisa memicu bau mulut. Pilihlah obat kumur antibakteri dan sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol karena justru bisa menyebabkan mulut kering.

Selain itu, jangan menggunakan obat kumur langsung setelah sikat gigi, karena justru dapat menghilangkan kandungan baik dari pasta gigi yang menempel pada permukaan gigi, seperti fluoride. Gunakanlah obat kumur di waktu yang berbeda dengan menyikat gigi, misalnya setelah makan siang.

5. Memeriksakan gigi ke dokter gigi secara rutin

Hal yang tak kalah penting dalam mengatasi bau mulut adalah rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Dengan begitu, masalah pada rongga mulut yang bisa menyebabkan bau mulut dapat terdeteksi sejak dini dan segera diatasi.

6. Mengunyah permen karet

Untuk mencegah mulut kering yang dapat menimbulkan bau mulut, kunyahlah permen karet yang tidak mengandung gula. Mengunyah permen karet diketahui dapat merangsang produksi air liur.

7. Memperbanyak minum air putih

Selain mengunyah permen karet, perbanyak minum air putih juga penting dilakukan untuk mencegah mulut kering. Anda dapat melihat warna urine untuk menilai kecukupan air yang Anda konsumsi. Warna urine kuning pucat dan bening menandakan Anda cukup minum air putih.

Itulah tips mengatasi bau mulut yang mengganggu, lakukan secara rutin dan jaga asupan gizi. Agar kamu bisa menghadapi hari kamu dengan penuh rasa percaya diri berbicara kepada orang terdekatmu maupun dengan orang banyak. Jika bau mulut yang Anda alami tak kunjung hilang atau semakin memburuk, cobalah konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi gigi dan mulut anda.

Semoga Bermanfaat!