Fakta Seputar Pemakaman Eril, Keluarga Izinkan Masyarakat Ikuti Proses Pemakaman

fakta-seputar-pemakaman-eril-keluarga-izinkan-masyarakat-ikuti-proses-pemakaman fakta-seputar-pemakaman-eril-keluarga-izinkan-masyarakat-ikuti-proses-pemakaman

Setelah tercapai, ditemukan, jasad Emmeril Kahn Mumtadz akhirnya tiba di Indonesia pada Minggu (12/6). Di hari keberasalan peti jenazah putra sulungnya, Ridwan Kamil bersebanding dengan sang istri, Atalia Praratya, dan putrinya, Camillia Laetitia Azzahra sudah menunggu di Bandara Soekarno Hatta. Ridwan Kamil tampak tegar dan berusaha menguatkan dua orang yang dicintainya tersebut. Ia menggenggam erat tangan Atalia dan Zara.

Seperti yang direncanakan, jenazah Eril akan diseKhayalimkan terlebih dahulu di gedung Pakuan. Kemudian, mendiang Eril akan dikebumikan di area peristirahatan terakhir di daerah Cimaung. Berikut ini adalah beberapa fakta seputar kedatangan jenazah Eril sampai reaksii pemakamannya akan dilakukan siang ini, Senin (13/6).

1. Sesampainya di rumah di gundah, jenazah Eril disalatkan oleh puluhan orang dan Ridwan Kamil menjadi imamnya

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

Usai penjemputan di Bandara Soetta, jenazah Eril langsung dibawa ke gedung Pakuan Bandung untuk diseKhayalanmkan. Sebelum mobil jenazah tiba, sejumlah warga sudah memadati gedung untuk memberikan penghormatan terakhir. Mereka turut berbelasungkawa atas kepergian Eril.

Pihak keluarga memang memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan doa secara langsung di almarhum. Bahkan, masyarakat juga diperbolehkan jika ingin mengikuti salat jenazah. Saat jenazah sampai di Gedung Pakuan, puluhan orang menunaikan salat jenazah dengan Ridwan Kamil sebagai imamnya.

2. Momen haru Nabila Ishma berasal melayat untuk mengucapkan perpisahan dan penghormatan terakhir atas sang kekasih

A post shared by Nabila Ishma Nurhabibah (@nabilaishma)

Ketika mendengar kabar lesapnya Eril di Sungai Aare, sang kekasih, Nabila Ishma tak kuasa menahan kepedihan dan kehilangan. Dalam unggahannya di Instagram, Nabila mengungkapkan kesedihan mendalam ditinggal oleh sang kekasih untuk selamanya.

Ketika jenazah Eril sampai di Tanah Air, Nabila langsung melayat dengan ditemani beberapa teman. Dengan busana serba hitam, Nabila tampak berdiri di antara antrean para pelayat lain. Teman-temannya berusaha menopang tubuh Nabila agar berkuasa berdiri.

Gadis berusia 21 ingatn tersebut sempat terduduk dan menangis. Tepat di hadapan peti jenazah Eril, Nabila terlihat mengucapkan sesuatu. Momen haru yang sempat diabadikan oleh pelayat lain langsung menuai Empati. Banyak orang nggak bisa membayangkan betapa hancur hati Nabila melepas kepergian Eril.

3. Ridwan Kamil telah menyiapkan tempat peristirahatan eksklusif untuk Eril. Tempat terindah yang penuh makna

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

Jenazah Eril dimakamkan di Cimaung ternyata bukan tanpa dasar. Seperti yang diungkapkan Ridwan Kamil medahului Instagramnya, ia sudah menyiapkan daerah peristirahatan spesial untuk Eril. Lokasinya sengaja di Cimaung yang merupakan kampung halaman sang ibu, Atalia. Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, bahkan mendesain senawak makam indah untuk putranya itu.

“Dear Eril,

Rumah akhirmu berada di sebelah masjid.
Masjid yang berarea di kampung ibumu.
Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu.
Dan yang terberkuasa , Masjid ini dinamai seperti namamu,” tulis Ridwan Kamil.

Seperti nama Eril, masjid yang dinamai Al Mumtadz tersbeut memiliki arti tertidak marah. Maknanya Berbanding dengan doa keluarga untuk Eril saat lahir. Mereka berharapa Eril menjalani menyala di dunia yang fana dengan cara yang tertidak marah. Kekhususan lainnya adalah masjid ini berada di sebelah sungai tipis dengan pemandangan gunung dan sawah yang hijau.

4. Keluarga memperbolehkan masyarakat mengikuti pemakaman Eril, tapi layak tertib dan tidak melakukan dokumentasi pribadi

A post shared by atalia praratya (@ataliapr)

Jenazah Eril akan dikebumikan pada Senin (13/6) pukul 11.00 WIB di Cimaung, Kabupaten Bandung. Medahului Instagran, Atalia mengunggah imbauan bila masyarakat ingin mengikuti modei pemakaman putranya. Salah satu poin utama yang ditekankan adalah pihak keluarga masyarakat tidak melakukan dokumentasi pribadi, bersedia membantu saat momen takziah maupun pemakaman.

“Kami mohon pengertian dan empatinya,” tulis Atalia.

Agar pemakaman berjalan Enteng dan tidak mengganggu ketertiban, pihak keluarga juga mengimbau masyarakat berziarah sesudah metode pemakaman selesai. Mereka juga berharap tamu undangan mematuhi aturan yang ditetapkan supaya tidak terjadi keTerganjalan.

5. Menjelang pemakaman, deras warga memadati halaman depan gedung Pakuan. Mereka ikut mengantarkan Eril

08.28 : Suasana menjelang jenazah almarhum Eril akan dimasukkan ke mobil jenazah, selanjutnya dibawa menuju pemakaman keluarga di Cimaung, Banjaran, Kabupaten Bandung. (Nia) pic.twitter.com/UeqoPsCA0W

— Elshinta Bandung (@ElshintaBandung) June 13, 2022

Sekitar pukul 08.28 WIB, gedung Pakuan sudah dibanjiri orang menjelang jenazah Eril dimasukkan ke mobil. Mereka ikut mengantarkan Eril sebelum diberangkatkan ke ajang persemayaman terakhir di Cimaung, tepatnya di kawasan Yayasan Islamic Centre Baitulridwan.

Beberapa hari belakangan, sejumlah petugas sudah mempersiapkan lokasi dan berjaga-jaga di sekitar lokasi. Terlihat alat berat juga digunakan untuk merapikan jalan masuk menuju area pemakaman.

Kepergian Eril tidak cuma menorehkan luka mendalam bagi keluarga, tapi juga untuk berlipat-lipat orang. Setelah dilaporkan hilamg saat berenang di Sungai Aare atas 26 Mei terus dan sempat dinyatakan hilang selama 14 hari, kini Eril telah kembali ke pangkuan keluarganya. Meskipun pergi untuk selamanya, ketidak marahan-ketidak marahan Eril akan seterus tumbuh di hati berlipat-lipat orang. Selamat jalan Eril.