Sejarah Terlahirnya Permainan Sudoku

Oleh : ftrrahman | 2022-03-29 10:02:00

Sejarah permainan Sudoku berawal dari permainan sekelompok matematikawan di Negara Swiss abad ke-18 yang disebut "Kuadrat Latin" dan beberapa teka-teki angka pertama yang muncul di media cetak yang diterbitkan di Prancis pada tahun 1895. Tetapi permainan modern dari Sudoku seperti yang kita kenal sekarang ditemukan oleh Howard Garns, seorang penemu puzzle lepas dari Connersville, Indiana, AS pada tahun 1979 ketika diterbitkan di majalah Dell Pencil Puzzles dan Word Games. Teka-teki itu dikenal sebagai "Tempat Nomor," karena melibatkan penempatan nomor individu ke tempat kosong pada kotak 9 x 9.
Permainan ini pertama kali muncul di Jepang pada tahun 1984 di mana permainan awalnya diberi nama “Sudoku,” yang merupakan kependekan dari ekspresi yang lebih panjang dalam bahasa Jepang “S?ji wa dokushin ni kagiru” yang memiliki arti, “angkanya terbatas pada satu kejadian.” Sudoku terus menjadi sangat populer di Jepang, di mana orang membeli lebih dari 600.000 majalah Sudoku per bulan.
Salah satu alasan mengapa teka-teki Sudoku sangat disukai di Jepang adalah karena bahasa Jepang tidak bekerja dengan baik untuk teka-teki silang – jadi teka-teki angka jauh lebih berhasil dalam budaya Jepang.
Pria yang memperkenalkan kembali Sudoku "kembali" ke dunia Barat adalah seorang hakim Selandia Baru bernamaWayne Gould, yang sedang berlibur di Tokyo pada Maret 1997 ketika dia menemukan Sudoku di sebuah toko buku. Dia dengan cepat menjadi penggemar Sudoku yang berdedikasi dan menghabiskan enam tahun berikutnya mengembangkan program komputer yang dapat menghasilkan teka-teki Sudoku.
Salah satu alasan yang mungkin bahwa hal itu menarik rasa keteraturan bawaan orang seperti adanya sesuatu yang sangat memuaskan untuk bermain mengisi kotak-kotak kosong di grid Sudoku. Alasan lainnya adalah bahwa aturannya sederhana dan mudah dipelajari segala usia dapat memainkan Sudoku juga dapat belajar dengan cepat cara mendekati teka-teki. Seperti yang dibuktikan oleh popularitas global Sudoku, permainan ini mudah dibagikan dengan teman-teman di seluruh dunia, karena berbasis angka sehingga tidak memerlukan terjemahan apa pun.

Tags : #Sejarah #Sudoku